OSPEK !

Selamat datang mahasiswa baru UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. Seperti sudah menjadi tradisi bagi mahasiswa baru tentunya setelah mereka melalui serangkaian proses seleksi penerimaan mulai dari jalur SNMPTN,SBMPTN hingga jalur SM dan telah selesai mengurus persyaratan administratif maka mahasiswa baru diwajibkan mengikuti serangkaian OSPEK. Apa itu OSPEK ? OSPEK adalah singkatan dari Orientasi Studi Pengenalan Kampus. OSPEK ini diselenggarakan disetiap perguruan tinggi lainnya dengan bentuk yang bervariasi tergantung kebijakan perguruan tinggi tersebut dan para panitia penyelenggara kegiatan OSPEK tersebut.

OSPEK merupakan kegiatan yang sangat bermakna bagi mahasiswa baru tentunya. Karena mahasiswa baru diperkenalkan bagaimana kehidupan kampus tersebut dan bagaimana sistem pembelajarannya serta para jajaran perguruan tinggi tersebut. Untuk mencapai tujuan OSPEK, dan juga mengacu pada Keputusan Dirjen Pendidikan Tinggi Depdiknas Nomor 38/Dikti/Kep/2000 tentang pengaturan kegiatan penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi. Panduan umum pengenalan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru yang diterbitkan oleh Direktorat Pembinaan Akademik dan Kemahasiswaan Ditjen Pendidikan Tinggi Depdiknas 2003.

OSPEK harus diisi dengan berbagai materi seperti pengetahuan tentang kampus, peraturan, fasilitas pendukungnya, serta organisasi atau himpunan yang ada dalam kampus tersebut. Selain itu OSPEK harus mengembangkan cara belajar di perguruan tinggi, etika mahasiswa, serta pembentukan dan pengembangan karakter. Agar materi semua ini terjalan maka OSPEK dilakukan dalam empat hari dimulai dari pagi hingga sore hari agar materi yang telah di sebutkan tadi dapat dicerna oleh para mahasiswa baru.

Apabila OSPEK telah dilaksanakan dengan benar dan sungguh-sungguh maka mahasiswa baru yang telah mengikuti serangkaian ospek akan memiliki wawasan tentang bagaimana belajar dan bagaimana kampus mereka akan tempuh untuk masa studi mereka. Harapan ini tidak akan sesuai dengan ekspetasi kita apabila kita tidak membakar semangat para mahasiswa baru untuk selalu cendekia,mandiri dan bernurani. Maka dari itu marilah kita suksekan OSPEK tahun ini dengan sungguh-sungguh.

 

BIRO BUMH

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

9 + 1 =


+ 16 = 22