Workshop Elektro 2018


Serangkaian workshop ke-elektroan dan ke-mekatronikaan telah sukses dilaksanakan oleh Hima Elektro FT UNY dengan mengangkat tema “Be Sooner Be Smarter”. Kegiatan yang bersifat meningkatkan prestasi akademik tersebut telah dilaksanakan pada tanggal 31 Maret, 7 April, dan 21 April 2018. Materi praktikum langsung di laboraturium dengan menggunakan modul trainer merupakan materi utama yang disuguhkan.
Workshop Elektro tersebut terbagi menjadi dua materi yaitu Workshop Instalasi Listrik dan Workshop PLC (Programmable Logic Controller). Workshop Intalasi Listrik dilaksanakan pada tanggal 31 Maret 2018 dengan mengusung judul “Instalasi Listrik dan Audit Energi & Praktik Basic Kendali Motor dengan Pengendali Magnetic” sebagai materi utama. Workshop yang dilaksanakan di Laboraturium Bengkel Instalasi Listrik tersebut mendapatkan antusias penuh dari peserta yang merupakan mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Elektro. Pemateri workshop instalasi listrik, Bapak Alex Sandria J. W., M. Eng. memberikan dukungan penuh terhadap kegiatan workshop yang mengasah skill ke-elektroan ini. Beliau menambahkan, supaya kedepannya ada kegiatan rutin yang mengasah skill ke-elektroan terutama untuk mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Elektro yang masih semester awal.
Tepat tanggal 7 dan 21 April 2018 telah dilaksanakan workshop selanjutnya yaitu Workshop PLC (Programmable Logic Controller). Dengan praktik menggunakan PLC secara langsung, peserta mampu mengikuti dan memahami materi yang disampaikan. Materi yang diberikan oleh Bapak Andik Asmara, M.Pd. dengan judul “Pengenalan PLC untuk Menghadapi Era Revolusi Indutri 4.0” mampu menarik minat mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Elektro untuk mempelajari PLC.
Kebermanfaatan workshop elektro harapannya mampu membekali mahasiswa JPTE dalam menempuh perkuliahan semester berikutnya sehingga mampu mendongkrak prestasi akademik dan mengasah skill ke-elektroan dan ke-mekatronikaan.

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 + 1 =


80 + = 86